Find us on Google+ Ekologi Nusantara: "Riwayat Diri"

Kamis, 13 September 2012

"Riwayat Diri"


BIODATA

Riwayat Pribadi
Ahmad Mizani Rahman lahir di  Makassar – Sulawesi Selatan pada 19 Maret 1977, sebagai putra pertama dari 4 bersaudara. Pada tahun 2003 penulis menikah dengan Kamariatul Kiptiah dan telah memiliki 3 putra Muhammad (8 tahun) dan Ibrahim (7 tahun), dan Sulaiman (1 tahun). Pada saat ini penulis bermukim di Kabupaten Sukamara – Kalimantan Tengah.

Riwayat Pendidikan
Penulis memperoleh pendidikan sejak kecil dengan berpindah-pindah antar kota di pulau Sulawesi. Mengawali jenjang pendidikan di SD Negeri I Gorontalo – Sulawesi Utara (1989), SMP Negeri I Palu – Sulawesi Tengah (1992),  SMA Negeri I Gorontalo – Sulawesi Utara (1995). Berkesempatan melanjutkan pada  Institut Pertanian Bogor di Jurusan Biologi – FMIPA (2001). Pada akhir perkuliahan penulis berkesempatan memperdalam ilmu-ilmu ke-Islaman di pondok pesantren Al Azhar – Bogor (2002) yang diperuntukkan bagi mahasiswa.

Riwayat Menulis
Sejak di bangku SMA penulis aktif menulis sebagai redaksi majalah dinding sekolah dan berkesempatan menjadi juara karya tulis pelajar se-Sulawesi Utara.  Memasuki dunia kampus di Institut Pertanian Bogor hobi menulis dilanjutkan dengan menjadi redaksi buletin Islam mahasiswa Tsaqofah. Minat penulis di bidang lingkungan hidup mendorong penulis aktif mengikuti kegiatan penelitian ekologi yang mengamati kehidupan tumbuhan dan satwa liar di hutan-hutan Banten, Jawa Barat, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara.  Dari kegiatan selama 3 tahun ini penulis menghasilkan beberapa karya ilmiah yang telah diangkat dalam seminar nasional. 
Beberapa karya ilmiah yang telah dihasilkan penulis antara lain : Kearifan Orang Dayak Mengolah Hutan (Kumai - 2005 ) ; Komunitas Satwa Borneo ( Kumai - 2005 ) ; Studi Banding Model-model Pemberdayaan Masyarakat - Dompet Dhuafa Republika (Ciputat - 2004 ) ; Karakteristik Sosio - Ekologi Anoa Dataran Rendah –Institut Pertanian Bogor (Bogor - 2001) ; Anoa Si Kerbau Cebol - Intisari Ed. Agustus (Jakarta –  2000).

Riwayat Pekerjaan
Pada saat ini penulis aktif terjun ke masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat pedalaman Kalimantan Tengah di antara suku Melayu dan Dayak yang menghadapi berbagai masalah lingkungan. Penulis juga aktif sebagai trainer memberikan berbagai pelatihan motivasi, manajemen, dan jurnalistik di beberapa kota di Kalimantan seperti Palangka Raya, Sampit, Pangkalan Bun, Sukamara, dan Manismata. Untuk mengembangkan masyarakat asli penulis mencoba mengembangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui stasiun radio dan televisi lokal bersama-sama rekan-rekan di Kalimantan tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar